Home Nasional Wamen ATR/Waka BPN Tekankan Kepatuhan dalam Kegiatan PTSL

Wamen ATR/Waka BPN Tekankan Kepatuhan dalam Kegiatan PTSL

29
0
Wamen ATR/Waka BPN, Raja Juli Antoni melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi DKI Jakarta

JAKARTA (Pelitainvestigasi.com) – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Raja Juli Antoni melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (29/06/2022). Kehadirannya disambut Kepala Kanwil (Kakanwil) BPN Provinsi DKI Jakarta, Dwi Budi Martono beserta Jajaran.

Dalam kunjungan ini, Raja Juli Antoni meninjau kantor dan melanjutkannya dengan berdiskusi serta pemberian arahan kepada Kepala Kanwil BPN dan seluruh Kepala Kantor (Kakan) Pertanahan se-DKI Jakarta yang hadir. Ia meminta kepada jajaran untuk melakukan pengecekan secara kualitas maupun kuantitas pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hal ini guna terjadinya kepatuhan dalam kegiatan PTSL.

“Ini perdana saya berkunjung. Saya diberikan tugas oleh Pak Menteri, salah satunya membantu untuk mengecek dan menyelesaikan permasalahan dari program PTSL. Saya meminta kepada Pak Kakanwil, Pak Kakan untuk coba petakan dan lakukan penyelesaian apabila ada tunggakan masalah yang masih tersisa,” ungkapnya.

Dalam pengarahannya, Wamen ATR/Waka BPN juga mengimbau jajaran di Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta untuk menyamakan persepsi serta saling berkoordinasi terkait masalah-masalah yang terjadi. “Jadi ada hal-hal mungkin yang informasinya tidak sama. Saya berharap jangan sampai ada informasi yang tidak tersampaikan, silakan juga berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya kita harus punya persepsi yang sama terkait PTSL ini,” ujar Raja Juli Antoni.

Ia juga berpesan dalam menjalankan program PTSL, diperlukan pelayanan pertanahan yang juga menjadi fokus, yang harus ditingkatkan oleh jajaran baik di Kanwil maupun Kantah. “Dalam pelayanannya itulah kita harus benar-benar memberikan yang terbaik dengan meningkatkan kualitas administrasi terkait layanan masyarakat,” tegas Wamen ATR/Waka BPN.

“Kita harus membangun lagi, apa yang sudah baik kita teruskan. Tapi kita juga tidak boleh menutup pintu bagi inovasi-inovasi baru. Dan yang terpenting kita terus meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut Kakanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Dwi Budi Martono mengatakan bahwa sudah memetakan seluruh masalah terkait PTSL yang ada di DKI Jakarta. “Kami dan jajaran sudah memetakan dan rutin monitoring terkait kegiatan PTSL yang ada di DKI Jakarta, serta sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membebaskan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan, red) agar memudahkan masyarakat serta mempercepat pendaftaran tanah,” ungkapnya.

Usai melakukan kunjungan kerjanya di Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta, Wamen ATR/Waka BPN melanjutkan kunjungannya ke Kantah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Dalam kunjungan ini, Raja Juli Antoni meninjau loket pelayanan serta bersilaturahmi dengan para pegawai di Kantah. (Kementerian ATR/BPN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here