Home Daerah DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana) memperingati HARI IBU ke...

DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana) memperingati HARI IBU ke 93*

122
0

ember-(PI).   Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) bertempat dilantai 3 Mall Lippo Plaza Jember memperingati HARI IBU ke 93. Tampak hadir dalam undangan dari BKAD Drs. Ismu Adi Susetyo MSi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jember Iriane Mirfano, beserta Ketua PKK Kabupaten Jember yang diwakili oleh ( Hj.Ervita Firjaun). Adapun tema peringatan hari Ibu ke 93 adalah _*Merdeka Melaksanakan Dharma_*. Acara penganugerahan Gender Champion dan Perempuan Kepala Keluarga ( PEKKA ) Berdaya di Kabupaten Jember tahun 2021.

Dalam sambutannya Plt Kepala Dinas DP3AKB, Drs. Supri Handoko MM mengatakan bahwa Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Peringatan hari Ibu di Indonesia bukanlah mother’s day melainkan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya

.

Jika kita melihat sejarah, tentunya perjuangan para perempuan bukanlah hal yang mudah. Namun perempuan Indonesia dengan gagah berani menembus batas-batas sosial, bersuara untuk memperjuangkan hak-hak kaumnya dan bersama-sama dengan kaum laki-laki meraih kemerdekaan, pada akhirnya konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 menjamin kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk perempuan, ungkap Suprihandoko.

Sedangkan Bupati Jember yang diwakili Plt DP3AKB mengatakan melalui peringatan Hari Ibu yang ke-93 ini, diharapkan dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan. Dengan jumlah perempuan yang mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia, kemajuan perempuan tentunya akan menjadi kemajuan bangsa sehingga perjuangan mencapainya menjadi kewajiban semua pihak. Maka kita semua baik perempuan maupun laki-laki harus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan.

Bupati Jember juga menambahkan, dalam momentum *hari Ibu* kali ini, pihaknya mengajak semua ibu yang ada di Kabupaten jember agar selalu menjadi mitra laki-laki, agar selalu beriringan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Jember.
Pihaknya juga berharap untuk kedepanya di Kabupaten Jember banyak lahir ibu-ibu yang tangguh baik di dalam keluarga, masyarakat dan pemerintahan demi kemajuan jember kedepan. “wes wayah e Jember Bangkit”, “Wes wayah e perempuan Jember berdaya anak terlindungi dan keluarga berkualitas”.

Ditempat yang sama Ketua PKK Kabupaten Jember yang diwakili oleh Hj. Ervita Firjaun mengatakan  peringatan hari ibu (PHI) ke 93 Tahun 2021 mempunyai 4 empat hal penting yaitu :1. Perempuan untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa, 2.Agar semua pihak terkait bisa bersinergi dan berkolaboratif untuk mendorong kemajuan perempuan Indonesia.. 3. Perempuan diharapkan mempunyai kompetensi dan ketrampilan masa depan (future skills) sehingga diperlukan aksi kolaboratif dan sinergi dalam mewujudkan kesetaraan gender yang dilaksanakan oleh antarkomponen bangsa. 4. Perempuan diharapkan dapat mengembangkan daya cipta dan kreativitas tanpa batas untuk membangun negeri.

Ada 4 poin penting yang harus dilakukan perempuan, demi terciptanya persamaan Genre dan juga mewujudkan perempuan yang tangguh diantaranya :1) Kontribusi perempuan, 2) Sinergi dan kolaboratif, 3) kompetensi dan ketrampilan perempuan.. 4) Daya Cipta dan kreativitas tanpa batas. Pungkas Hj. Ervita Firjaun “(: Lukman Hakim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here