Home Daerah PDAM Tirta Galuh Ciamis Terus Berbenah, Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan.

PDAM Tirta Galuh Ciamis Terus Berbenah, Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan.

95
0
Perusahaan Daerah Tirta Galuh Kabupasten Ciamis

Ciamis-(PI). Sejalan dengan penurunan daya dukung alam menurun pula ketersediaan udara yang dapat dikomsumsi langsung dari alam. Untuk itu manusia berupaya mengolah udara yang tidak memenuhi standar kualitasnya menjadi udara yang memenuhi standar kualitas yang ada.

Hal ini disampaikan Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis Drs. Cece Hidayat kepada pelita Investigasi diruang kerjanya, belum lama ini. Bahwa penyediaan air bersih merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya mendukung kehidupan yang sehat bagi masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan air bersih khusunya di kabupaten Ciamis dirasakan sangat besar nilainya.

Pesatnya perkembangan penduduk dan aktifitas masyarakat menuntut PDAM Tirta Galuh Ciamis untuk selalu meningkatkan pelayanan guna menunjang kebutuhan masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sangat bergantung pada air bersih, sehingga dengan demikian air bersih sangat berperan penting dan merupakan prasarana vital yang tanpa disadari harus mencukupi baik secara kuantitas maupun kualitas dan harus ada sepanjang waktu.

Ditambahkanya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)Tirta Galuh Ciamis harus mampu mensuplai air yang aman (memenuhi kriteria yang ditentukan) kepada konsumen. PDAM mengambil air baku dari sumber, baik air permukaan ataupun mata air kemudian mengolah dan mengalirkannya kepada pelanggan, sehingga apabila udara yang memenuhi syarat adalah air yang memenuhi syarat maka sangat kecil kemungkinan timbulnya penyakit.

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Galuh Ciamis Salah satu tujuannya adalah memenuhi kebutuhan pelayanan air bersih/Air Minum kepada masyarakat kabupaten Ciamis dengan mengutamakan pemerataan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

PDAM sebagai Perusahaan yang aktif sekaligus memiliki fungsi sosial, Keadaan ini memaksa manajemen berupaya menyiapkan strategi-strategi baru yang menjadikan PDAM mampu bertahan dan berkembang. Oleh karena itu PDAM harus mengkaji secara terus menerus prinsip-prinsip yang digunakan dalam menciptakan produk dan layanan yang lebih baik dan berkualitas serta yang baik kepada pelanggan.

Untuk dapat menjamin PDAM berjalan dengan baik, maka kita perlu untuk selalu meningkatkan kinerja. Dan Alhamdulillah dalam kesempatan ini dapat kami sampaikan bahwa penilaian Kinerja PDAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis untuk hasil audit dari tahun Ketahun mendapat nilai Baik.

Hal ini menunjukan kami telah berkomitmen untuk selalu melakukan berbagai perubahan dalam mengambil langkah dan kebijakan operasional Perusahaan dengan mempertimbangkan efektif dan efisien serta perencanaan yang maksimal.

Aspek pelayanan pendistribusian air kepada pelanggan secara bertahap telah mengalami peningkatan dari sisi kapasitas, kualitas dan kontinuitas, namun demikian yang harus diperhatikan adalah perhatian adalah tantangan.Kedepan, PDAM untuk meningkatkan cakupan pelayanan karena masih banyak masyarakat yang belum menikmati akses air bersih yang sesuai standar kesehatan dan diharapkan PDAM ikut andil lebih besar dalam masyarakat target pemerintah dalam program akses air minum untuk masyarakat terpenuhi 100%.

Upaya meningkatkan cakupan pelayanan terhadap masyarakat, baik dalam kualitas maupun kuantitasnya, PDAM akan mengambil langkah taktis dalam hal pembiayaan investasi demi kemajuan pelayanan air minum Kepada masyarakat. Dan sebagai Perusahaan yang Profesional dan mandiri serta mengurangi ketergantungan terhadap berbagai kemungkinan sumber daya non operasional PDAM, maka PDAM pun harus melakukan peningkatan kemampuan secara internal, salah satunya adalah dengan meningkatkan kinerja operasional PDAM dalam penjualan air minum masyarakat.

Kami mengharapkan semua pihak untuk ikut serta mendukung dan memberikan masukannya untuk kemajuan Perusahaan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam pelayanan Air Minum. Pungkasnya.” (Nana.S*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here