Home Daerah Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Singaperbangsa Karawang

Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Singaperbangsa Karawang

184
0

Karawang-(PI).Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menyelenggarakan wisuda selama satu hari dan II sesi pada tanggal 05 Juni 2023,

Sesi I dimulai jam 08.00 – 12.00 WIB, sesi II dimulai jam 13.00 – 16.00 bertempat di Aula Universitas Singaperbangsa Karawang bagi para lulusan jenjang Diploma, Sarjana dan Magister. Adapun wisudawan Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2022/2023

Universitas Singaperbangsa Karawang sebanyak 513 orang lulusan, yaitu 31 orang wisudawan program Diploma, 461 orang wisudawan program Sarjana dan 21 orang wisudawan program Magister.

Dalam arahannya, Plt. Rektor Unsika, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T.IPU.,  menyampaikan “sejak 7 Juni 2021, Universitas Singaperbangsa Karawang telah ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri – Badan Layanan Umum. Berdasarkan status tersebut, Unsika kini sedang dalam percepatan peningkatan kinerja pelayanan, keuangan, dan manfaat bagi masyarakat yang terus berada dibawah pendampingan Direktorat Jenderal Perbendaharaan khususnya Direktorat PPK BLU.

Unsika senantiasa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat. Peningkatan pelayanan Hal ini semakin dirasakan oleh sivitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Singaperbangsa Karawang.

Dibidang keuangan juga Unsika telah mampu melebihi target semester 1 pendapatan di bulan April 2023 dengan capaian 102 %. Serapan sampai bulan Mei yang dicapai juga menunjukkan serapan yang baik dengan realisasi penggunaan rupiah murni sebesar 44,25% dan Badan Layanan Umum 4,58%.

Kaitannya dengan penerimaan mahasiswa baru, Unsika baru saja selesai menjadi pelaksana dan  untuk memperluas akses pendidikan tinggi, pada tahun 2023

Pusat UTBK Unsika bermitra dengan Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) dalam pelaksanaan UTBK SNBT. Jumlah peserta di Pusat UTBK Unsika adalah 7.819 sedangkan di sub-Pusat UTBK Polindra adalah 1.672. Daya tampung Unsika pada jalur SNBT adalah 1543 dengan pendaftar Pilihan 1 adalah 4558 dan Pilihan 2 adalah 8528 dengan prediksi Keketatan Penerimaan SNBT adalah 1:8. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, UM-PTKIN 2023 dilakukan secara luring dari 29 s.d. 31 Mei 2023. Jumlah peserta yang mengikuti UM-PTKIN di Panitia Lokal Unsika adalah 810 peserta.

Beliau juga mengatakan bahwa Unsika turut serta mendukung program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Unsika sebagai perguruan tinggi terbesar kelima seIndonesia yang mengirim mahasiswa dalam program Magang Studi Independen tidak mau berhenti dan merasa cukup atas hal tersebut. Peningkatan selalu diupayakan melalui berbagai program. Sebagai upaya untuk semakin meningkatkan keterlibatan.

Unsika dalam program MBKM, pihak rektorat Unsika melakukan pendampingan langsung dalam pendaftaran dokumen MSIB yang sekarang sudah lebih dari 1100 surat rekomendasi di proses bagi mahasiswa Unsika yang berminat mengikuti kegiatan MBKM skema Magang dan Studi Independen Batch 5.

Kaitannya dengan Merdeka Belajar, tidak hanya mahasiswa yang belajar keluar kampus, Unsika juga berupaya mendatangkan pembelajaran yang selalu up to date dan relevan dengan industri melalui Program Praktisi Mengajar.

Semester ini Unsika melaksanakan 17 kelas kolaborasi dengan praktisi dari berbagai industri dengan pengalaman yang luar biasa.

Tidak hanya di Bidang Akademik, Unsika juga terus meraih prestasi di bidang Kemahasiswaan. Unsika melalui Parasika mampu meraih Medali Silver dan Juara Favorit pada The 17th National Folklore Festival (NFF) Kompetisi Paduan Suara Nasional BEM FEB UI. Di Bidang Olahraga juga mampu meraih Juara 1 Kategori Double Fairway Putra Kelas Senior pada Open Tournament Woodball Gubernur Jawa Timur.

Tidak hanya prestasi mahasiswa, Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai Penerima Anugerah Merdeka Belajar Kategori Pendidikan Tinggi Subkategori “Pengelola Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik) Terbaik dalam rangka bulan Merdeka Belajar memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023

Dihadiri oleh Prof Nizam, dan Prof. Ainun, Unsika menjadi pelopor adanya kerjasama global Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri. Dalam event besar tersebut terdapat pembahasan terkait beberapa kerjasama termasuk beasiswa, pertukaran mahasiswa, dan penelitian bersama.  Kegiatan dihadiri dihadiri oleh 25 Rektor dari Universitas di Jawa Barat, dan 24 Direktur Politeknik, 6 Perguruan Tinggi Taiwan dan 1 Perguruan Tinggi Negeri di Korea.  Saya berharap bahwa Kerjasama ini dapat ditindaklanjuti dan dimanfaatkan oleh program studi agar kegiatan magang, pengembangan kurikulum bersama dan rekrutmen dapat diimplementasikan.

Atas pencapaian tersebut beliau mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Rektorat serta seluruh Civitas Akademika  Tendik Universitas Singaperbangsa Karawang.

Beliau mengakhiri arahannya dengan ucapan terimakasih bagi panitia dan seluruh civitas akademik Unsika yang telah menyiapkan penyelenggaraan wisuda dengan baik.”(Ahmad Z ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here