Home Daerah PNS Kementerian Agama KBB, Kalahkan Petahana

PNS Kementerian Agama KBB, Kalahkan Petahana

67
0

Kab.Bandung Barat (PI) – Drs. Entis Sutisna, seorang PNS Kemenag Kab.Bandung Barat (KBB) buktikan prediksi warga masyarakat Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur dengan memenangkan Pilkades  serentak yang dilaksanakan Minggu (23/02) di beberapa desa di Kabupaten Cianjur. Sejak wacana maju Pilkades Ia memang mendapat banyak dukungan dan suport dari para tokoh, pemuka agama, petani, buruh  dan masyarakat akar rumput.

Entis Sutisna maju sebagai kontestan Pilkades Desa Cipeuyeum. Jauh sebelum pelaksanaan Pilkades dan mendeklarasikan untuk maju di Pilkades tersebut. Ia mengikuti ketentuan dan menjalankan langkah-langkah prosedural dengan  mengajukan permohonan izin untuk maju mengikuti Pilkades kepada Instansinya yakni Kementrian Agama KBB.

Gayung bersambut permohonan izin Entis Sutisna yang menjabat sebagai  Pengawas Sekolah Madya itu, mendapat balasan positif lewat surat pernyataan persetujuan untuk maju menjadi calon kades dari Kemenag Provinsi Jabar, yang tertuang dalam surat bernomor 11884/KW.10/KP 07.5/12/2019, tertanggal 28 November 2019 dan ditandatangani oleh Kakanwil waktu itu H.A. Buchori.

Setelah mengantongi surat persetujuan, Entis Sutisna suami dari Nining Suminar ini tak ragu lagi untuk maju berlaga di Pilkades memperebutkan posisi orang nomor satu di desa yang terkenal dengan hasil petani ikannya ini. Ia bersangain dengan empat kompetitor lainnya yakni Gugun Gunawan (petahana), Iyan Supiandi, H.Hendrayana, dan Drs H.Sugeng Noviyanto.

Pada pelaksanaan Pilkades yang berjalan tertib, aman dan lancar itu sayangnya kurang mendapat apresiasi dan perhatian warga desa yang terkenal denga bibit ikannya itu. Kesadaran dan partisipasi warga masih minin, ini terbukti dari jumlah pemilih 4.013 hanya tersalurkan sebanyak 2.900 pemilih atau sekitar 65% yang menggunakan hak pilihnya.

Pada rekapitulasi akhir penghitungan jumlah suara dari lima TPS, Entis  Sutisna yang Lahir di Bandung pada 03 Mei 1961 itu, unggul dalam penghitungan suara dari keempat Calkades yang lain. Entis Bapak dua anak ini meraih sebanyak 781 suara, sementara Gugun Gunawan yang juga Petahana berada di posisi kedua dengan jumlah suara sebanyak 674.

Saat dijumpai Sabtu (29/02), Pria dengan suara Bariton ini berharap, adanya perubahan dengan meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam melayani warga yg memiliki integritas, propesionalitas tanggung jawab serta keteladanan dalam melayani dan meningkatkan pelayananan ramah dan murah untuk masyarakat.

“Ini sebagai inovasi bagi masyarakat dan bentuk baru pelayanan agar lebih maksimal,”  tandasnya.

Entis yang juga memiliki banyak prestasi kerja di lingkungan Kemenang juga berharap mampu meningkatkan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana bagi kebutuhan warga terutam infrastruktur jalan yang merupakan akses untuk peningkatan peran perekonomian.

Selain itu ia pun bersama  jajaran aparat lainnya akan meingkatkan pembangunan di bidang agama dan pendidikan umum. Juga kaitan Pelayanan Pembangunan Perekonomian UMKM masyarakat Cipeyeum melalui pemberdayaan BUMDES.

“Meningkatkan peran dan fungsi BUMDES sebapagia pilar ekonomi masyarakat kecil, penting sekali untuk di tingkatkan,” cetusnya.

Ia juga bertekad meningkatkan pelayanan terhadap para petani. Sarana dan prasarana pertanian seperti saluran air, irigasi dan dengan bekerjasama dengan instansi terkait, meningkatkan penyuluhan dengan para petani oleh penyuluh yang ditugaskan oleh pemerintah, Pembentukan (revitalisasi) kelompok tani dan desa mengangkat mitra Cai dan Kepala Sawah dan memberikan kompensasi modal.

Saat ditanya kapan waktu pelaksanaan pelantikan, Pria berkacamata ini mengatakan bahwa dirinya tidak tahu persis kapan saatnya, namun Ia memprediksi sekitar awal April 2020. “Waktunya belum tahu pasti tetapi kemungkinan sekitar awal April tahun ini,” katanya menutup perbincangan dengan wartawan. *(Dony Damai/Anas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here