Home Kesehatan Pencegahan Virus Corona, Seluruh Desa di Binakal Mendirikan Rumah Steril

Pencegahan Virus Corona, Seluruh Desa di Binakal Mendirikan Rumah Steril

74
0
Berbagai cara dan inovasi terus dilakukan oleh beberapa desa untuk melakukan pencegahan Virus Corona. Salah satu inovasi pencegahan Virus Covid-19 ini dilakukan oleh seluruh desa di Kecamatan Binakal yaitu dengan mendirikan rumah steril di setiap desa di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso

Bondowoso (PI) – Semakin cepat mewabahnya Virus Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan Virus Corona beberapa hari ini, jajaran pemerintah baik dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa bekerjasama untuk melakukan pencegahan dini. Antara lain beberapa bentuk pencegahan Virus Corona yaitu dengan mengadakan penyemprotan disinfektan di setiap tempat fasilitas umum, pendidikan bahkan di pemukiman warga.

Berbagai cara dan inovasi terus dilakukan oleh beberapa desa untuk melakukan pencegahan Virus Corona. Salah satu inovasi pencegahan Virus Covid-19 ini dilakukan oleh seluruh desa di Kecamatan Binakal yaitu dengan mendirikan rumah steril di setiap desa di Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.

Dengan adanya rumah steril di setiap desa, ini bertujuan menjadi tempat persinggahan pertama bagi warga yang baru datang dari luar kota, khususnya bagi warga yang baru datang dari kota yang telah dinyatakan sebagai zona merah virus Corona. Di rumah steril ini warga yang baru datang diminta untuk mandi, mencuci tangan, baju, tas serta barang bawaan lainnya.

Selain itu di rumah steril juga akan dilakukan pengecekan kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh serta melihat apakah ada gejala-gejala yang mengarah ke covid-19.

“Bila warga tersebut terbukti ada gejala-gejala yang mengarah ke virus covid-19 atau virus corona,maka warga tersebut akan segera dirujuk ke puskesmas setempat untuk dilakukan tindakan lebih lanjut,” ungkap kepala Puskesmas Kec.Binakal Drg Lilik Sumarlik, M.MKes. baru-baru ini.

Menurutnya, dengan dibangunnya rumah steril di setiap desa ini sangat bermanfaat untuk memutuskan mata rantai virus corona sejak dini. Jadi Setiap warga yang baru datang akan langsung menuju rumah steril untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Untuk sementara ini rumah steril baru dibangun di 4 Desa di Kecamatan Binakal yaitu di desa Jeruksoksok,Desa Baratan,Desa Sumber Tengah, Desa Bundelan.

“Secepatnya kita akan mendirikan rumah steril di 4 desa lainnya di wilayah Kecamatan Binakal. Kita sedang bekerja sama antara pemerintah kecamatan, pemerintah desa, puskesmas setempat, Babinkamtibnas dan Babinsa untuk membangun atau mendirikan rumah steril di 4 Desa yang masih belum ada rumah steril di wilayah Kecamatan Binakal,” tambah Camat Binakal Suhari Ali Chandra, S.Sos. *(Slamet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here