Home Daerah festival Mangga dan UMKM Indramayu,Dijuluki Sebagai Daerah Penghasil Mangga Terbesar Di Indonesia

festival Mangga dan UMKM Indramayu,Dijuluki Sebagai Daerah Penghasil Mangga Terbesar Di Indonesia

94
0

Indramayu-(PI).Acara festival Mangga dan UMKM Indramayu dijuluki sebagai daerah penghasil mangga terbesar di Indonesia,namun selama ini kurang  ekspos publik,dengan adanya festival Mangga dan UMKM 2021 ini, yang bertempat di Wisata Bojongsari Kabupaten Indramayu Jawa barat, Jumat (17/12/21). Seluruh masyarakat Nusantara bahkan Luar Negeri bisa mengenal berbagai jenis mangga-mangga yang ada di Indramayu.

Menurut Ketua Panitia pelaksana festival mangga ,Jay Krhesna pada Pelita Investigasi acara festival mangga  baru pertama di lakukan di Kota Mangga Indramayu.Adapun jenisnya Gedong Gincu,Mangga Cengkir.Selain itu yang kita peromokan tadi, mangga Bapang, karena Mangga Bapang ini hampir punah, maka petani mangga Bapang yang ada di Indramayu, ayo kita tanam lagi dan kita benih lagi dan kita produksi sebanyak-banyaknya. Insya Allah kami akan bantu untuk mengekspor,kata Jay Krhesna

Lanjutnya, karena dari kandungan vitamin C dari Mangga Bapang itu sangat tinggi. Selain itu ada beberapa UMKM yang kita ikut sertakan, semua diberikan kewenangan pada masing-masing Kecamatan di Kabupaten Indramayu, tujuannya supaya Camat dan ibu Camat paham dan mengerti.Ada berapa macam ragam UMKM yang harus diperhatikan.Juga potensi Desa Wisata yang ada di Kecamatan masing-masing. Dengan cara seperti ini Indramayu makin dikenal, tidak hanya di Kabupaten Indramayu nya saja, tetapi seluruh Nusantara,bahkan sampai manca negara tegasnya.

Untuk itu jelas Jay Krhesna mulai Jumat (17/12/21),taman Wisata Bojongsari mulai di buka, dan Insya Allah Minggu depan secara profesional akan dibuka lebih bagus, lebih profesional,di dalam Air Terjun isinya sangat luar biasa ada KF Sof, Wahana mainan Anak-anak, bahkan ada Karaoke Vamili, sehingga ada tempat Pijat Syariah untuk laki-laki dan perempuan tempatnya terpisah. Terutama masyarakat Kabupaten Indramayu harus bangga memiliki Taman Wisata Bojongsari,tutur Jay.

Untuk sekarang ini harga mangga lagi turun, disamping itu ada beberapa macam olahan Mangga lebih dari 8 Varian mangga ini sangat luar biasa.Diantaranya sirup, Dodol mangga, Manisan mangga, Asinan, Selai, dan lain sebagainya.Agenda festival Mangga dan UMKM, Insya Allah akan di adakan rutin setiap tahun, diberdayakan oleh Diskopdagin, Insya Allah dalam rangka Hari Jadi Indramayu. Sumber anggaran ini murni dari gotong royong,sponsorship, dari beberapa elemen swasta yang suport kegiatan ini .Untuk jumlah UMKM kami belum data secara real, dari 31 Kecamatan itu hampir rata-rata 12 UMKM ada, dan hampir semuanya ada, dalam festival Mangga dan UMKM sekarang ini juga di adakan kontes Arjuna dan Srikandi Mangga,jelas Jay Krhesna.”(Prapto & Herman).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here