Home Daerah Sandiaga Uno Dorong Perkembangan UMKM Kabupaten Subang.

Sandiaga Uno Dorong Perkembangan UMKM Kabupaten Subang.

48
0
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kedua kiri dari Ibu Sari Dewi Ketua UMKM WALAGRI

Subang-(PI). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengatakan adaptasi, inovasi dan kolaborasi dalam upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) harus dilakukan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurut Sandi, langkah tersebut diyakini mampu menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Optimisme tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno di Gedung Plut Kabupaten Subang Jawa  Barat, pada Minggu 23/1/2022 . Salah satu langkah inovasi tersebut dijelaskan Sandiaga Uno adalah program Kabupaten Kota Kreatif (KaTa Kreatif) hasil kolaborasi Pemerintah Daerah (Pemda) dengan Kemenparekraf.

Lewat program pelatihan dan pendampingan itu, dirinya meyakini sektor parekraf di Indonesia, khususnya Kabupaten Subang, Jawa Barat dapat pulih dan bangkit kembali. “Hari ini kita kick off program KaTa Kreatif-Kabupaten  Kreatif untuk mendorong inovasi dan entrepreneurship untuk menciptakan peluang setelah  pandemi Covid 19 Melanda negri kita  dengan tentunya mengadopsi protokol kesehatan, untuk menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga Uno.

Sandi menyebut pemerintah Kabupaten Subang  harus menjadi ikon kuliner Indonesia. Salah satu contoh kelompok UMKM WALAGRI  yang  ketuanya Ibu Sari Dewi berasal dari Desa Cikadu  Kecamatan Cijambe Produksi keripik Pare, udah menjadi produk unggulan. Apa lagi didukung oleh anggotanya dengan banyak produk, Seperti permen Nanas, Kripik Terong, Kirca,Wedan Uwuh, Wedan Mataram, DLL.nya.  Sandi mengatakan tantangan pengembangan UMKM di Kabupten Subang  adalah digitalisasi.

Aspek tersebut dipastikannya akan terus didorong Kemenparekraf guna meningkatkan kualitas dan nilai jual produk ekonomi kreatif yang dihasilkan masyarakat.Tantangannya adalah digitalisasi. Digitalisasi ini akan kita pacu dan kita tingkatkan keragaman dan nilai tambah dari produk-produk ekonomi kreatif,” ucap Sandiaga Uno.”(Haris  RA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here