Home Daerah H.Dony Ahmad Munir Dengan Beberapa Kepala Perangkat Daerah Menemui Kepala LKPP...

H.Dony Ahmad Munir Dengan Beberapa Kepala Perangkat Daerah Menemui Kepala LKPP Barang/Jasa RI, Azwar Anas di Jakarta

35
0
H.Dony Ahmad Munir bersama beberapa kepala perangkat daerah menemui Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI Azwar Anas di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Sumedang-(PI). Dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait optimalisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah agar lebih kredibel, berkualitas dan menggerakkan ekonomi daerah,Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir bersama beberapa kepala perangkat daerah menemui Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI Azwar Anas di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Bupati menjelaskan, ada tiga hal yang dibahas dalam pertemuan itu, pertama mengenai komitmen Pemkab Sumedang untuk meningkatkan keterlibatan produk-produk UMKM  agar bisa masuk dalam marketplace dan e-katalog lokal. Kami berkomitmen, produk UMKM di kami bisa masuk marketplace dan bagian pengadaan barang dan jasa. Harapan kami produk UMKM kami juga bisa masuk di sistem lainnya yang difasilitasi oleh LKPP, baik di e-katalog dan sebagainya,” ujarnya.

Kedua, Bupati juga mengungkapkan keinginannya agar di tahun 2022 ada percepatan penyerapan APBD yang bertujuan supaya bisa menggerakman ekonomi daerah dan hasil pembangunannya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Untuk percepatan penyerapan anggaran ini kami membutuhkan dukungan vokasi, pembinaan SDM dan juga pemberian arahan, terutama peningkatan kompetensi SDM bidang pengadaan barjas pemerintah,” ungkapnya.

Adapun yang ketiga, Bupati Dony meminta kepada Kepala LKPP agar  Sumedang bisa dijadikan pilot project pengadaan barang dan jasa yang masuk dalam e-katalog di belanja langsung. Mudah-mudahan Sumedang bisa menjadi piloting e-katalog, sambung program antara Pemkab Sumedang dengan LKPP,” ungkapnya.

Mendengar apa yang disampaikan Bupati, Kepala LKPP RI Azwar Anas merespon positif Kabupaten Sumedang dapat memenuhi target porsi anggaran 40% bagi UMK dan selama proses tersebut dapat didampingi oleh LKPP. Menurutnya, Bupati Dony sangat concern dan sudah memiliki goodwill untuk mendorong UKM masuk e-katalog lokal, toko daring dan belanja pengadaan. Terima kasih kepada bupati karena  memiliki goodwill untuk mendorong UKM masuk e-katalog lokal, toko daring dan belanja pengadaan sebagai bagian percepatan ekonomi daerah. Dengan langkah ini, katalog nasional dapat kita optimalkan dan lokal kita perkuat,” terang Anas.

Dikatakan Anas, dirinya juga menyambut baik komitmen Pemkab Sumedang mempercepat penyerapan APBD melalui pengadaan barang dan jasa untuk menggerakkan ekonomi karena sejalan dengan komitmen LKPP. Apa yang menjadi komitmen Pemda Sumedang sejalan dengan komitmen LKPP yaitu Produk dalam negeri tumbuh, usaha mikro kecil tangguh, daerah sejahtera, Indonesia maju,” kata Anas

Sementara itu, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Setya Budi Arijanta menambahkan, sebagai pengelola katalog lokal, Sumedang perlu melakukan identifikasi produk dari UKM yang dapat dimasukkan ke katalog lokal. Saat ini syarat masuk menjadi penyedia katalog sudah dipermudah, sehingga UKM bisa masuk menjadi penyedia di katalog lokal kapanpun,” tuturnya.( Suhaya & Yana ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here