Home Daerah Doni Siswanto Program P3A, Sangat Membantu Para Petani Juga Meningkatkan Perekonomian

Doni Siswanto Program P3A, Sangat Membantu Para Petani Juga Meningkatkan Perekonomian

11
0

Tasik-(PI). Program pemerintah yang setiap tahunnya bergulir seperti dari kementerian melalui Dinas BBWS Wilayah Kota Kabupaten mengenai Program Penyediaan air irigasi khususnya untuk pertanian  menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan air irigasi ini bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) jumat 13/05/2022.

Seperti yang telah dilaksanakan didaerah kota/kabupaten tasikmalaya jawa barat salahsatunya dikecamatan bungursari kel sukarindik. Adapun Doni siswanto selaku ketua kelompok tani Suka mekar Jaya III Kampung Cijolang kelurahan Sukarindik Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya Propinsi jawa barat mengatakan dengan adanya program ini kami bersama para kelompok tani lain sangat terbantu juga warga sekitar sangat antusias mendukung.”ucapnya.

Selain itu Doni Siswanto menerangkan ada 5 pilar modernisasi irigasi, yakni keandalan suplai air, keandalan jaringan irigasi, manajemen air, kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM).”P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani,” kata Doni Siswanto.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementan untuk mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan. “Saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi pangan, di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi, perluasan atau pencetakan sawah baru.

Dari penyediaan sarana dan prasarana tersebut, jelas Deni siswanto sebagai ketua kelompok tani Suka mekar jaya III di daerahnya, secara kuantitas mengalami peningkatan. Begitu pula dengan pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi yang sudah dilaksanakan mampu memberikan kontribusi perluasan coverage area tanaman yang terairi. “Namun demikian, saat ini masih perlu ditingkatkan dalam penyediaan dan pengelolaan air irigasi, pemanfaatan, serta pemeliharaan jaringan irigasi berjalan secara berkelanjutan.

Doni Siswanto juga menjelaskan, P3A merupakan salah satu lembaga atau kelompok petani Suka  Mekar Jaya III yang handal dan berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan air irigasi.”pungkasnya.(Nana s/tim )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here