Home Berita Utama Pembuangan Limbah B3, cemari lingkungan Warga Bakanjati Desa Cikampek Timur Kabupaten Karawang,...

Pembuangan Limbah B3, cemari lingkungan Warga Bakanjati Desa Cikampek Timur Kabupaten Karawang, Diduga Dari Wijaya Ofset

321
0

Karawang-(PI).Diduga Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang mencemari lingkungan, sejumlah warga Kampung Bakan Jati Desa Cikampek Timur Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang berdemo menemui pemilik Percetakan.minggu (28/05/2023)

Ade sebagai tokoh masyarakat bakan jati mengatakan, kedatangannya bersama warga ke Percetakan untuk membuat laporan pengaduan terkait adanya air Hitam yang mengalir ke warga diduga limbah B3 dari percetakan yang mengalir di perumahan warga.

Limbah B3 Megalir Digot mencemari lingkungan Warga Bakanjati Desa Cikampek Timur Kabupaten Karawang,

 

“Limbah B3 ini sudah mengalir di dekat rumah warga sejak dua pekan belakang ini. Namun perlu diketahui bahwa pembuang limbah ini sudah lama sekali terjadi sejak tahun 2018,” katanya, Minggu 28/05/2023)

Lanjut  H. Ade  menyampaikan limbah yang dibuang ke parit itu berwarna hitam seperti oli dan menimbulkan bau. Namun pengakuan dari pihak perusahaan limbah itu tidak dari percetakan, akhirnya warga menutup dan dicor aliran  yang masuk ke got warga .“Limbah ini langsung berdampak terhadap ratusan warga yang berada dilingkungan tersebut, karena menimbulkan bau.” Ujarnya.

Ia mengungkapkan, terkait permasalahan ini juga akan disampaikan kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) karawang dan sempel limbahnya kemarin juga sudah diambil.

Sementara itu di tempat yang sama, Kades Cikampek Timur Kriswanto  mengakui bahwa, di lingkungannya tersebut ada genangan air berwarna hitam di duga berasal dari percetan  diperintahkan warganya  untuk mengawal permasalahan ini, agar kejadian serupa tidak lagi terjadi.

“Kades Kriswanto langsung perintah untuk mengawal permasalahan ini hingga tuntas. Sejak saya menjadi lurah, dalam satu tahun ada dua kali laporan yang kami terima dari masyarakat,” ucapnya.

Ia menduga percetakan milik wijaya membuang sembarangan, dan membuat masyarakat khawatir. Dan saat melihat di lokasi memang ditemukan limbah berwarna hitam berbau busuk,

“Pihak Wijaya Ofset kita harapkan agar dapat segera memberikan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang terjadi ini dan tidak merugikan masyarakat sekitar,” demikian katanya. Sampai berita ini tayang pihak percetakan blm bisa dihubungi.'(Ahmad Z ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here