Daerah

PKBM Mahandhika Tingkatkan IPM Kabupaten Cianjur

Cianjur (PI)- Kabupaten Cianjur adalah salah satu daerah yang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya di Provinsi Jawa Barat tergolong masih rendah terutama dibidang Pendidikan. Hal ini disebabkan beberapa faktor kekurangan , diantaranya lemahnya kondisi ekonomi dan domisili masyarakat yang membutuhkan biaya transport dengan jumlah yang cukup besar untuk menyekolahkan anak-anak nya ketingkat SMP dan SMA/SMK. Oleh karena itu maka kehadiran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sangat membantu warga dalam hal melanjutkan Pendidikan anak-anaknya.

PKBM Mahandhika adalah salah satu Lembaga Pendidikan nonformal yang berada di wilayah Desa Cibadak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur yang merekrut anak-anak putus sekolah, yatim piatu, anak-anak terlantar, dan anak-anak yang kurang mampu dari segi ekonomi untuk melanjutkan Pendidikan baik ke tingkat SMP maupun SMA.
“Pada saat ini yang mendaftar ke PKBM kami adalah anak-anak yang belum tuntas belajar, belum mendapatkan Ijazah, baik dari SMP, SMA maupun SMK. Kami tampung dan kami bina supaya anak-anak ini bisa sederajat dengan orang lain, yakni bisa melanjutkan kuliah atau bekerja, karena ijazah kan salah satu syarat melamar ,baik melamar keperusahaan atau melamar bidang lainya,

Kepala PKBM Mahandika Sebut saja Eza Zaenal Abidin Saat di Konfirmasi di ruang Kerjanya Rabu 31 Januari 2024 menjelaskan Kepada wartawan Pi dengan gamlang,bahwa program pkbm itu sangat menunjang untuk masa depan Anak Bangsa kita ,coba bayangkan bagi Siswa/i yang drofaut dengan terhimpit biayaya ekonomi tapi siswanya ingin melanjutkan kejenjang pendidikan SMA/ SMK kalau tidak ada wadah atau lembaga PKBM pasti tidak akan ada peningkatkan ipm jelasnya

“Eza Menambahka bagi Siswa/i yang jauh dari rumahnya Saya Sediakan Kobong ,malam mengaji ilmu Agama ,kalau Siang Sekolah Nonformal supaya bisa seimbang pendidikan Agama dan darigama tambahnya Eza ”

Selain belajar berbagai macam mata pelajaran, juga diselenggarakan Pendidikan lifeskill seperti, Tatarias, Menjahit, Keterampilan Komputer, dan keterampilan Photografi. Hal ini dimaksudkan agar lulusan dari PKBM ini bisa membuka peluang usaha secara mandiri manakala tidak bisa bekerja di perusahan orang lain.

Eza berkeyakinan bahwa output dari PKBM yang dipimpinnya dapat bersaing dengan lulusan dari sekolah formal dan yang jelas menurutnya,

dengan adanya PKBM ini IPM Kabupaten Cianjur dapat meningkat.
Namun demikian Eza sangat berharap pemerintah turut andil dalam menyediakan sarana dan prasarana belajar, “Kalau untuk operasional kegiatan belajar, meskipun yang usia diatas 24 tahun tidak tercover, tapi alhamdulillah dengan BOP cukup membantu kami, hanya masalah sarana seperti ruang belajar dan sarana lifeskill lainnya, kami sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah”, pungkasnya.

Dok. Keterampilan Tata Rias di PKBM Mahandhika Dok. Kegiatan Belajar di luar kelas. Pembelajaran di dalam kelas, Kegiatan Monitoring Disdikpora Cianjur, “( Samsul).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button