CIAMIS (PI) – Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat akan memperbaiki rumah tidak layak huni (Rutilahu) sebanyak 11.500 unit untuk 445 BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) di 26 kabupaten/kota, 780 unit di antaranya akan diperbaiki rutilahu di Kabupaten Ciamis, tersebar di 39 desa.

Berdasarkan data dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, ada sekitar 40 ribu rutilahu yang tersebar di semua desa di Kab Ciamis.

Kepala Bidang Pemukiman dan Perumahan DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi, mengakui jika masyarakat Ciamis masih banyak yang memiliki rumah tidak layak huni. “Data menunjukkan saat ini masih ada 40 ribu rumah tak layak huni di Ciamis,” ujarnya.

Sebagai upaya mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Ciamis, pihaknya terus berupaya menyerap berbagai anggaran untuk perbaikan rutilahu dari pemerintah pusat dan provinsi. Hasilnya, tahun 2020 ini, Pemkab Ciamis berhasil menyerap anggaran sekitar Rp 20 miliar lebih untuk perbaikan sekitar 1.300an rutilahu di Ciamis. Anggaran tersebut diserap lewat program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) Kementerian PUPR, program rutilahu Dinas PUPR Provinsi Jabar dan bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus).

Dari program BSPS, Ciamis mendapat kuota 400 rumah dibagi kedalam dua tahap. Tahap pertama 200 unit di 4 desa, untuk tahap 2 nanti sama 200 unit di 5 desa. Masing-masing penerimaan program BSPS dari pusat ini mendapatkan bantuan stimulan Rp 17,5 juta untuk perbaikan rumah yang tak layak huni menjadi layak huni.

Sementara itu, dari program bantuan rutilahu provinsi, Ciamis kebagian jatah 780 unit dibagi ke 39 desa. “Masing-masing desa mendapat jatah 20 unit, sama seperti BSPS, bantuan rutilahu dari provinsi ini nilainya Rp 17,5 juta per unit,” ucapnya.

Selain dari kedua bantuan tersebut, Ciamis juga mendapat bantuan rutilahu yang sumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Jumlah bantuan dari DAK yakni untuk 159 unit rutilahu di 5 desa di. Masing-masing desa dapat 31 unit. “Jika ditotalkan, tahun 2020 ini Ciamis mendapat bantuan rutilahu 1.339 unit,” jelas Aris. (Ajat Sudarjat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here