Pendidikan

Muscab FKDT Kendal Angkat Tema “Peran MDT dalam Pendidikan Karakter di Era 4.0”

Perhelatan forum musyawarah tertinggi FKDT Kab Kendal akan digelar besok Ahad tanggal 3 September 2023 di SMK NU 06 Mualimin Weleri. Forum musyawarah yang disebut Muscab rencana akan dihadiri oleh beberapa pejabat di Kab Kendal, termasuk Ketua DPRD dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Kendal. Ketua Umum DPP FKDT akan hadir untuk memberikan sambutan sekaligus memimpin sidang pemilihan Ketua DPC FKDT Kab Kendal didampingi pengurus DPW FKDT Jawa Tengah.

Muscab ke 3 DPC FKDT Kab Kendal mengambil tajuk ” Optimalisasi Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dalam memperkuat Pendidikan Karakter di Era 4.0. ” Tema tersebut bukan lahir di ruang hampa, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan komunitas pendidikan agar lebih berperan sebagai agen perubahan menuju pendidikan yang berkualitas.

Disamping itu tema ini sangat strategis dalam rangka ikhtiar untuk memperkuat eksistensi MDT di tengah kemajuan informasi dan teknologi yang serba digital. Tentu seyampang dengan kemajuan pada era industri teknologi 4.0, MDT tidak menutup mata. Hal tersebut karena MDT sebagai lembaga pendidikan akan diperhadapkan dengan faktor eksternal yang akan sangat mempengaruhi terhadap perkembangan MDT kedepan.

Munculnya artificial intelgensi (kecerdasan buatan) sebagai akibat dari perkembangan industri teknologi 4,0 mendorong MDT untuk bisa melakukan inovasi pembelajaran yang berpadu dengan nilai tradisi pesantren sebagai rahim dimana MDT dilahirkan.¬† Disinilah kaidah ” Al muhafadlotu ala Qodimis Sholih wal Akdzul bil Jadidil Ashlah. ” (Mempertahankan tradisi lama/ulama salaf yang masih baik dan mengadopsi inovasi modern yang lebih relevan). Adagium ini akan menjadi prinsip MDT untuk tidak menutup diri dengan perkembangan teknologi informasi dan industri yang terjadi.

Oleh karena itu MDT melalui Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dapat mewujudkan konsep pemikiran yang bersentuhan dengan teknologi informasi. Hal ini sangat penting mengingat pembelajaran di MDT yang sebagian besar masih berkutat pada tataran tradisi. Sementara perkembangan industri Indy teknologi yang begitu cepat sangat berpengaruh terhadap peserta didik di lingkungan MDT.

Namun demikian menyikapi hal tersebut tentu tetap berpegang teguh pada nilai moral dan akhlakul karimah sebagai basis pendidikan karakter. Sehingga kemajuan informasi dan teknologi akan bisa diimplementasikan dengan tepat dan baik, tidak disalahgunakan untuk kepentingan yang lepas dari nilai etika.

Melalui forum Muscab FKDT diharapkan bisa merumuskan langkah kongkrit yang dituangkan dalam rencana program lima tahun kedepan. Penyusunan program tersebut tidak lepas dari ikhtiar MDT di Kab Kendal di tengah kemajuan teknologi informasi untuk mengambil peran tafaquh fiddin dan penguatan akhlakul karimah generasi penerus bangsa.

Lebih dari itu Muscab juga akan memilih kepengurusan DPC FKDT Kab Kendal masa khidmat 2023 Р2028. Kepengurusan dan program kerja serta rekomendasi menjadi satu paket dalam kegiatan Muscab.  Sehingga forum yang penting dibutuhkan rembug dan musyawarah dengan mufakat menuju optimalisasi  peran MDT menghadapi era 4.0 dalam memperkuat karakter anak bangsa. *(Red)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button