Daerah

SMP Negeri 4 Kotabaru Karawang Adakan Kegiatan Pembiasaan Penanaman Karakter Positif

Karawang-(PI).Pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Hal tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi. Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas. Kegiatan pembiasaan di sekolah terdiri atas Kegiatan Rutin, Spontan, Terprogram dan Keteladanan.”

“Kegiatan Rutin di SMP Negeri 4 Kotabaru merupakan kegiatan yang dilakukan secara reguler dan terus menerus di sekolah. Tujuannya untuk membiasakan peserta didik melakukan sesuatu dengan baik. Kegiatan pembiasaan yang termasuk kegiatan rutin adalah sebagai berikut :

– Berdoa sebelum memulai   kegiatan. Upacara Bendera Merah Putih.

–  Apel Pagi

 –  Senam

 –  Literasi

 –  Sholat Dhuhur Berjamaah

 –  Berdoa dan Dzikir bersama

 –  Pemeliharaan Kebersihan Kelas dan Kesehatan Diri”

Kegiatan spontan di SMP Negeri 4 adalah kegiatan yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh waktu, tempat dan ruang. Hal ini bertujuan memberikan pendidikan secara spontan, terutama dalam membiasakan bersikap sopan santun, dan sikap terpuji lainnya. Contoh yang termasuk dalam kategori ini adalah:

  • Membiasakan mengucapkan salam dan bersalaman kepada guru, karyawan dan           sesama peserta didik.
  • Membiasakan bersikap sopan santun
  • Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
  • Membiasakan antre
  • Membiasakan menghargai pendapat orang lain
  • Membiasakan minta izin masuk/keluar kelas atau ruangan
  • Membiasakan menolong atau membantu orang lain
  • Membiasakan menyalurkan aspirasi melalui media yang ada di sekolah, seperti            Majalah Dinding dan Kotak Curhat BK
  • Membiasakan konsultasi kepada guru pembimbing dan atau guru lain sesuai kebutuhan.”

Karakter “peduli” Siswa SMPN 4 Kotabaru terhadap lingkungan sudah terbentuk.  Hal tersebut dapat diamati dari berbagai aktivitas yg dilaksanakan oleh siswa dalam membersihkan dan menata lingkungan yg berada di sekitar kelas.

Kebiasaan seperti itu tidak ujug-ujug muncul tetapi melalui kegiatan pembiasaan yg terprogram dengan baik dilaksanakan secara konsisten dan adanya komitmen dari semua. ” Ungkap Pakndol. Liputan : Ahmad z

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button