Home Pendidikan SMKN 1 Plered Kabupaten Pulwakarta, Sekolah Pencetak Wirausaha

SMKN 1 Plered Kabupaten Pulwakarta, Sekolah Pencetak Wirausaha

39
0

Purwakarta-(PI).Kepercayaan yang diberikan Pemerintah melalui Kemdikbud kepada SMKN 1 Plered sebagai pusat keunggulan (Center Of Excellence), semakin menguatkan langkah untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kompetensi dan mampu bekerjasama mempengaruhi kemitraan dan penyelarasan dengan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Kerja ).

Selain itu, SMKN 1 Plered sebagai SMK Pusat Keunggulan  semoga bisa menjadi penggerak bagi sekolah lainnya untuk meningkatkan kualitas dan kinerja sehingga mampu mencapai standar dunia kerja.  Dengan begitu,  jumlah lulusan SMK yang memperoleh pekerjaan dan berwirausaha dalam satu tahun setelah kelulusan bisa mengalami peningkatan, ujar Kepala Sekolah Ajang Sarip Hidayat,S.Pd. Selasa (15/3/2022)

Lebih lanjut Ajang mengatakan, dalam hal penyusunan kurikulum pun kami mesinkronisasikan dengan Dunia Usaha Dunia Industri, terutama untuk mencetak kewirausahaan sesuai program dari kemdikbud untuk lebih meningkatkan minat siswa  berwirausaha. Kenapa Wirausaha ? karena dalam wirausaha sekecil apapun usahanya kita adalah Bos nya.

Selain itu kita juga bisa menciptakan lapangan kerja. Jadi lulusan SMK tidak hanya dicetak untuk siap bekerja tapi mampu menciptakan lapangan kerja sendiri atau berwirausaha dengan keterampilan yang dimiliki. Sekarang ini kita mengahadapi kenyataan bahwa jumlah pengusaha muda di Indonesia masih relatif kecil dan belum memenuhi target. Banyak faktor psikologis yang membentuk sikap negatif masyarakat sehingga mereka kurang berminat terhadap profesi wirausaha, antara lain sifat agresif, bersaing, egois, tidak jujur, kikir, sumber pengahasilan tidak stabil, kurang terhormat, pekerjaan rendah, dan sebagainya. Pandangan semacam ini dianut oleh sebagian besar penduduk, sehingga mereka tidak tertarik. Mereka tidak menginginkan anak-anaknya menerjuni bidang ini, dan berusaha mengalihkan perhatian anak untuk menjadi pegawai negeri.Tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolah terutama pada mata pelajaran kewirausahaan itu sendiri.

Di SMKN 1 Plered, siswa akan dibimbing dan diberi pendampingan untuk memulai dan menjalankan wirausaha, sesuai bakat dan minat siswa dan tentu saja diharapkan bisa sesuai kompetensi yang dipelajari di Sekolah, pungkasnya.”(Iskandar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here