Daerah

Dinas Pertanian Kabupeten Cianjur Mendukung Penuh Kegiatan RJIT,

Cianjur,PI-Kegiatan (RJIT ) Rehabilitas Jaringan Irigasi Tersier, yang di salurkan pemerintah Kepada Kelompok tani, Salah satu upaya pemerintah, dengan tersalurnya program RJIT kepada Kelompok tani guna untuk meningkatkan produksi dan memaksimalkan pertanian Khususnya di Kabupaten Cianjur Jawa barat.

Begitupun Menurut Mentri pertanian (Kementan) Syarul Yasin Limpo Mengatakan, Kegiatan RJIT dilakukan untuk mendukung kebutuhan air di lahan-lahan pertanian, Sehingga bisa mendukung produksi, bahkan kita harapkan bisa meningkatkan produktivitas panen. Dampaknya, ada peningkatan kesejahteraan petani dan turut mendukung ketahanan pangan,” katanya,

Kasi PSP Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, DanDan H, mengatakan RJIT adalah bagian dari water management untuk mendukung aktivitas pertanian. RJIT adalah bagian dari water management untuk membenahi, sekaligus juga memaksimal saluran irigasi yang ada. Agar luas areal tanam bisa meningkat. Inilah cara kita untuk mendukung peningatan produktivitas pertanian,” katanya.

Kegiatan RJIT ini dilaksanakan pada tahun 2021, Di Kabupaten Cianjur ada 30 Kelompok tani yang mendapatkan program RJIT , dan pelaksanaan Kegiatan nya di lakukan  Secara Swakelola di wilayah kecamatan masing-masing  dengan panjang saluran yang di bangun sepanjang 250 Meter dangan angran 75.000.000,” terngnya

Lanjut DanDan H, dengan adanya pembangun irigasi ini bisa meningkatkan per ekonomian petani dan memaksimalkan produktivitas pertanian sebelumnya , yang tadi nya para petani mendapatkan penghasilan 4,5 ton setelah adanya pembangunan irigasi ini bisa mencapai 6 ton , hal ini bisa terjadi jika saluran air irigasi nya berjalan lancar ” ungkapnya. (Isan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button